"The way to get started is to quit talking and begin doing" "I hope you enjoy reading in my blog"

Jumat, 10 Februari 2012

Penggunaan Facebook Di Masyarakat

Penggunaan internet bukanlah hal suatu yang istimewa atau khusus untuk kalangan tertentu, baik dari segi profesi, kalangan masyarakat, pendidikan dan usia. Hampir semua golongan masyarakat dari muda sampai yang tua bahkan anak kecil juga sudah tahu dan akrab dengan internet.
Seiring dengan perkembangan waktu dan modernisasi, internet menjadi sebuah kebutuhan dan aktifitas tetap manusia sebagai anggota masyarakat. Selain menjadi tuntutan profesi, pengembangan ilmu pengetahuan, berita dan hiburan. Berinternet juga menjadi cara alternative seseorang untuk bergaul sebagai makhluk sosial.
Hanya dengan bermodal sebuah computer dengan sambungan kabel LAN atau bandwidth, seseorang dapat mengakses internet dengan mudah dan bebas selama 24 jan setiap harinya di sebagian besar penjuru dunia.
Kehadiran internet memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi dan data yang belum tentu bisa ditemukan secara langsung dalam media cetak yang bisa dijumpai sehari-hari. Terutama karena halangan cara dan biaya yang tidak sedikit.

Saat ini, kehidupan dan sebagian besar orang didunia tidak lepas dari penggunaan facebook. Baik para remaja, pelajar sekolah, bahkan para pelaku bisnis pun semuanya memanfaatkan teknologi yang satu ini.
Facebook adalah salah satu jenis yang sudah marak beberapa tahun belakangan ini. Dengan segala kelebihan fiturnya, ia mampu menggeser jejaring sosial lain yang juga sempat popular di dunia maya yaitu friendster.
Karena kelebihan dari segi fitur, banyak orang kemudian berbondong-bondong mendaftar dan menjadi member di facebook. Sampai saat ini, penggunaan facebook terus berkembang, bahkan mulai banyak jejaring sosial yang meniru fitur facebook.
Kini jumlah facebooker indonesia jauh melebihi penggunaan dari negara Malaysia dan Singapura. Padahal facebook hingga pertengahan 2007 nyaris tak dilirik pengguna internet. Tapi, memasuki pertengahan tahun lalu, jumlah akses kesitus ini melonjak tajam dan menempatkannya sebagai situs rangking kelima yang sering diakses di indonesia. Bahkan indonesia tercatat dalam sepuluh besar negara pemakai situs yang mulai dibuka untuk umum pada tahun 2006, yaitu 150 juta orang–sekitar 700 ribu orang berasal dari Indonesia.

“Mengapa masyarakat yang khususnya pada masa sekarang, masyarakat lebih memilih layanan jejaring sosial facebook sebagai alat untuk berkomunikasi?” Karena masyarakat Zaman sekarang lebih memilih simpel sehingga masyarakat lebih memilih facebook daripada Hp. Apalagi biaya yang dikeluarkan tidak semahal teknologi komunikasi lainnya. Selain itu facebook juga memiliki fasilitas yang sangat menarik masih banyak fasilitas-fasilitas yang ditawarkan situs ini, baik secara formal dan non-formal.                                                                            “Manfaat penggunaan facebook dalam masyarakat?” manfaat dari penggunaan facebook sangat banyak, kita dapat menemukan kembali teman lama yang sudah lama tidak bertemu dan juga bisa mencari teman baru. Facebook juga bisa menjadi sarana kerja yang baik walaupun penggunaan facebook itu sering disalahgunakan dalam pengoperasiannya dalam jejaring sosial ini mungkin juga dapat memberikan inspirasi kepada kita hanya modal memberitahukan item yang menarik kedalam facebook.Untuk saat ini facebook menjadi teknologi pertama dan terbaru di dunia maya, facebook atau facebooker dapat mengatur suatu pesan semenarik mungkin yang dapat dikomunikasikan kepada pengguna facebook lainnya sehingga pengguna lainnya dapat mengerti dan dipahami secara individu. Facebook juga bisa membuat seseorang bergabung dalam suatu komunitas, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteragsi kepada orang lain, juga bisa mengirim pesan dan komentar.
“Apa Saja Dampak Fisik Bagi Pengguna Facebook?” Ada, yang pertama terkena kepada kulit dan rambut karena terlalu sering didalam ruangan membuat tubuh tidak mendapatkan banyak sinar matahari. Kedua Mata karena mempengaruhi radiasi dari layar monitor bisa melelahkan mata. Ketiga Osteoporosis karena terlau lama bermain facebook menyebabkan tubuh menurun membuat terlalu mudahnya kerapuhan di tulang. Keempat Wasir jika terlalu lam duduk dan kurang minum air, berisiko untuk mengalami wasir. Kelima Sindrom Carpal Tunnel karen terlalu banyak menggunakan “mouse” yang terlalu memberikan tumpuan yang lama pada pergelangan tangan akibatnya saraf medianus bisa tertekan dan mengakibatkan Sindrom Carpal Tunnel.
Tidak ada situsjejaring sosial lain yang mampu menandingidaya tarik Facebook terhadap user. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account baruperharinya.Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Rata-rata usermenghabiskanwaktu sekitar 19 menit perhariuntuk melakukan bebagaiaktifitas di Facebook.
Facebook, mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Facebook adalah jejaring sosial pertemanan paling popular di Indonesia. Jejaring facebook sangatlah luas berkembang sampai kesudut-sudut penjuru dunia. Segala kemungkinan yang menyangkut hubungan relation antar sesame manusia biasa terjadi di jejaring ini mulai dari hubungan kerja, pemanfaatan sebagai sarana penjualan sampai hal-hal yang burukpun dapat terjadi. Maka tidak heran kalau facebook adalah salah satu situs jejaring sosial yang sangat digemari oleh masyarakat terutama dikalangan masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari facebook memiliki dampak positif dan negative kepada masyarakat.

Dampak positif penggunaan Facebook
·        Facebook bisa meningkatkan perkembangan sosialisasi, baik dengan teman maupun keluarga. Komunikasi pun tidak akan terputus dan selalu terjalin walau hanya lewat dunia maya.
·        Bisa menambah banyak teman baru di facebook, berkenalan dan berteman dengan orang asing yang belum pernah dikenal.
·        Penggunaan facebook bisa membuat anda selalu “up to date” tentang info-info terbaru. Selain karena facebook memiliki fitur untuk memberitahukan suatu berita, kemungkinan untuk mendapatkan informasi bisa terbuka lebih lebar apabila anda memiliki daftar pertemanan yang cukup banyak.
·        Pengaruh positf penggunaan facebook juga bisa dilihat dari salah satu fitur “group”. Facebook juga bisa dijadikana tempat berdiskusi bagi suatu komunitas tertentu.
·        Tentu pernah mendengar tentang jual beli online. Facebook bisa menjadi sarana atau media untuk melakukan transaksi jual beli. Tak hanya para pebisnis yang sudah berpengalaman, tapi siapapun bisa menjual atau membeli sesuatu lewat facebook.
·        Tak hanya untuk transaksi jual beli secara langsung, tapi facebook juga bisa menjadi media promosi yang bagus, karena bisa hemat biaya dan cakupan promosinya bisa sangat luas

Dampak Negatif Penggunaan Facebook
·         Kurangnya waktu belajar dan mengerjakan tugas
·         Mempengaruhi dampak psikologis seperti saat seseorang membuat status dan banyak orang memberi komen kepada kita sehingga membuat diri kita merasa memiliki kesenangan tersendiri
·        Kurangnya waktu untuk bersosialisasi dan berinteraksi secara langsung dengan orang lain
·        Membuat lupa waktu sehingga pola hidup tidak teratur
·        Facebook bisa merenggangkan silahturami secara langsung. Karena facebook membuat orang lebih memilih menyapa, mengobrol atau menyampaikan sesuatu jejaring sosial ini daripada bertemu secara langsung dengan orang tersebut.
·        Tak sedikit rumah tangga yang berselisih bahkna terjadi perpecahan hanya karena salah satu pasangannya selalu menyembunyikan diri dengan facebook. Beberapa kasus menyebutkan bahwa facebook bisa menjadi sarana perselingkuhan yang bisa membuat rumah-tangga berantakan.

Kesimpulan
            Dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat sengat banyak dampak dari penyalahgunaan dan penyimpangan pemakaian situs pertemanan Facebook, baik secara sengaja atau tidak sengaja. Dengan demikian norma-norma dan nilai yang berlaku dalam masyarakat dan negara, sehingga dapat mempertanggungjawabkan setiap perilaku dan sikap dunia maya. Sehingga siapapun pengguna Facebook lainnya mampu memakainya dengan baik, benar, bertanggung jawab dan dapat menggunakan fasilitas-fasilitas umum itu dengan nyaman supaya tidak mengganggu kepentingan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar