Sabtu, 04 Februari 2012
Komunikasi Massa
Komunikasi massa (mass communication) adalah
komunikasi yang menggunakan media massa, baik cetak (surat kabar, majalah) atau
elektronik (radio,televise), berbiaya relative mahal, yang dikelola oleh suatu
lembaga atau orang yang dilembagakan, yang ditunjukan kepada sejumlah besar
orang yang tersebar di banyak tempat, anonim, dan heterogen. Pesan-pesannya
bersifat umum, disampaikan secara cepat, serentak dan selintas (khususnya media
elektronik). Meskipun khalayak ada kalanya menyampaikan pesan kepada lembaga
(dalam bentuk saran-saran yang sering tertunda), proses komunikasi didominasi
oleh lembaga, karena lembagalah yang menentukan agendanya. Komunikasi
antarpribadi, komunikasi kelompok, komunikasi public dan komunikasi organisasi
berlangsung juga dalam proses untuk mempersiapkan pesan yang disampaikan media
massa ini.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar